Sunday 1 April 2018

Orang Ini Akan Bangkit Dengan Wajah Ceria Pada Di Hari Kiamat



Kiamat menjadi hari yang ditakuti oleh umat manusia. Bagaimana tidak, saat hari itu tiba bermakna menandakan berakhirnya peradaban dunia. Setelah kiamat berlangsung, manusia akan kembali di bangkitkan di Padang Mahsyar.

Dalam satu surat di Al-Qur’an sudah diterangkan kalau manusia akan dibangkitkan dengan muka yang berbeda-beda sesuai dengan amalan yang mereka lakukan selama didunia. Untuk orang yang banyak berbuat dosa jadi akan dibangkitkan dengan muka yang hitam serta suram.

Tetapi ada juga yang dibangkitkan dengan muka putih berseri serta ceria lantaran amalan yang sudah mereka kumpulkan selam didunia. Lalu, siapa sajakah orang yang akan dibangkitkan dengan muka berseri lagi ceria itu? Berikut info selengkapnya.

1. Orang yang Bila Mendengar Adzan Segera Mengambil Wudhu
Orang pertama yang dibangkitkan dengan muka ceria saat hari kiamat yaitu orang yang bila mendengar adzan bergegas untuk segera mengambil wudhu. Rasulullah SAW pernah bersabda kalau bila hari kiamat sudah tiba jadi Allah SWT akan mengumpulkan satu golongan yang berwajah laksana bintang-bintang di angkasa. Serta para malaikat bertanya pada mereka, “Apa amalan yang kalian lakukan selama hidup didunia? ”

Mereka juga menjawab, “Setiap kami mendengar azan, segera kami bergegas mengambil air wudhu atau bersuci. ”

2. Orang yang Rajin Salat Berjamaah serta Mengambil Wudhu Sebelum Adzan

Selain golongan diatas, ada juga golongan orang yang berwajah ceria waktu dibangkitkan di hari kiamat yaitu mereka yang rajin salat berjamaah serta mereka berwudhu sebelum adzan berkumandang. Orang yang berwajah berseri-seri laksana rembulan yang pancarkan cahaya terangnya. Para malaikat ajukan pertanyaan, “Apakah yang kalian lakukan pada saat hidup didunia? ” Jawab mereka, “Kami selalu menyiapkan diri untuk shalat berjamaah. Jauh sebelum azan dikumandangkan, kami sudah berwudhu. ”

3. Orang yang Saat Waktu Salat Tiba Sudah Ada di Masjid serta Berwudhu Sebelum Adzan Berkumandang
Orang terakhir yang datang dengan muka ceria waktu hari kebangkitan yaitu mereka yang waktu saat salat tiba telah ada di masjid serta mereka berwudhu sebelum adzan berkumandang. Mereka akan tiba dengan muka berseri-seri laksana matahari yang pancarkan sinar terang benderang. Seperti biasa, para malaikat juga ajukan pertanyaan pada mereka, “Amalan apa yang sudah kalian kerjakan selama hidup didunia? ” Mereka menjawab, “Kami secara tekun mengikuti shalat berjamaah. Setiap waktu shalat tiba, kami sudah siap di masjid, sebelum azan dikumandangkan.

Dari ketiga kelompok yang datang dengan muka ceria bisa disimpulan kalau mereka semua yaitu orang yang melindungi wudhunya. Seperti yang kita ketahui bahwa wudhu jadi satu diantara hal untuk mensucikan diri sebelum melakukan salat. Selain itu, berwudhu juga dilakukan saat akan menyentuh Al-Qur’an sebagai kitab suci umat muslim.

Dalam hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Bukhori juga sudah diterangkan kalau Rosulullah bisa mengenali umatnya yang memiliki muka putih berseri lantaran mereka senantiasa menjaga wudhunya, tidak hanya wajah mereka yang bersinar namun juga tangan, kaki, serta dahinya.

Jadi beruntunglah untuk golongan muslimin yang selalu menjaga wudhu mereka selama hidup mereka didunia. Hal semacam itu karenakan wudhunya itu bisa menjadi penerang untuk dosa-dosa kecil yang pernah diperbuat selama didunia.

Demikianlah info tentang orang-orang yang datang dengan muka ceria saat hari kiamat kelak. Ternyata mereka adalah kelompok yang selalu menjaga wudhunya sebelum melaksanakan ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT. Mudah-mudahan kita termasuk dalam kelompok yang demikian itu.

No comments:

Post a Comment