Saturday 31 March 2018

Inilah Ladang Pahala di Pagi Hari Setelah Sholat Subuh!! Rugi Jika Kita Tidak Amalkan Amalan Ini..



[inilah ladang pahala di pagi hari sehabis sholat subuh]

Sholat shubuh merupakan sholat pembuka hari, allah subhanahuwata’ala menjadikan waktu shubuh bagaikan salah satu waktu yang mempunyai pahala melimpah untuk orang – orang yang paham terlebih lagi rasulullah shallallahu alaihi wa sallam tidak sempat langsung meninggalkan masjid sehabis sholat shubuh berjamaah.

waktu sehabis sholat shubuh menggambarkan waktu yang amat istimewa diantara waktu – waktu lainya karna banyak keberkahan di dalamnya hingga rasulullah shallallahu alaihi wa sallam berdoa:

“ya allah, berkahilah umatku di waktu paginya” [hr. abu dawud]

rasulullah shallallahu alaihi wa sallam berdoa serupa itu supaya umatnya membagikan pertahian spesial pada waktu ini.

demikian pula sehabis rasulullah shallallahu alaihi wa sallam tuntas mlaksanakan sholat shubuh baginda tidak melanjutkan tidurnya, dia melaksanakan amalan – amalan yang suudah jadi kerutinan tiap hari.

berikut amalan – amalan sehabis sholat shubuh

1. dzikir
dzikir tidak cuma kegiatan yang diajarkan rasulullah shallallahu alaihi wa sallam namun pula menggambarkan perintah allah subhanahuwata’ala sebagaimana dalam firmanya yang maksudnya:

“wahai orang – orang yang beriman! ingatlah kepada allah dengan menyebut (nama – nya) sebanyak – banyaknya dan juga bertasbihlah kepada – nya pada waktu pagi dan juga petang. dialah yang berikan rahmat kepadamu dan juga para malaikat – nya (memohonkan ampunan untukmu) , supaya ia keluarkan kalian dari kegelapan (kekafiran) kepada sinar (keimanan). dan juga ia maha penyayang kepada orang – orang yang beriman”. [qs. al – ahzab 41 – 43]

tidak hanya jadi kerutinan dan juga sunah yang dicoba rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, dzikir jadi salah satu amalan ringan yang mempunyai keutamaan melimpah sebagian antara lain, mampu jadi penebus dosa, menyelamatkan seorang dari azab neraka dan juga menyirnakan kegelisahan hati yang gundah.

dzikir pula mampu mengangkut derajat seseorang mukmin. rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda yang maksudnya:

“maukah kamu saya beritahu dengan amal perbuatan tersadu, amat terbersih disisi tuhanmu, amat besar buat kedudukanmu, jauh lebih baik dibandingkan sedekah emas dan juga perak bagimu dan juga daripada kamu berjumpa musuhmu kemudian bertempur dengan mereka? mereka menanggapi: ingin, ya rasul. dia bersabda: “dzikir kepada allah”. [hr. tirmidzi]

2. banyak berdoa
allah subhanahuwata’ala hendak meridhoi hamba – hambanya yang berdoa kepada – nya. berdoa pula mampu mendekatkan seseorang hamba kepada penciptanya. allah subhanahuwata’ala berfirman yang maksudnya:

“dan apabila hamba – hamba – ku bertanya kepadamu tentang saya, hingga (jawablah) , bahwasanya saya merupakan dekat. saya mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia meminta kepada – ku, hingga hendaklah mereka itu penuhi (seluruh perintah – ku) dan juga hendaklah mereka beriman kepada – ku, supaya mereka senantiasa berposisi dalam kebenaran”. [qs. al – baqarah 186]

berdoa merupakan salah satu trik seseorang hamba menceritakan ataupun berkeluh kesah kepada penciptanya, dengan berdoa seorang mampu menyadari kalau manusia merupakan mahluk yang lemah.

dan juga cuma allah subhanahuwata’ala yang maha luas lagi maha kaya terlebih lagi dengan doa serbu hamba mampu memohon yang tersadu untuk masa depanya.

3. sholat sunnah 2 rakaat kala matahari terbit
sholat sunnah ini mempunyai keutamaan yang amat besar ialah hendak menemukan pahala serupa hai dan juga umrah secara sempurna. shallallahu alaihi wa sallam bersabda yang maksudnya:

“barangsiapa yang melakukan shalat shubuh secara berjama’ah kemudian dia duduk sembari berdzikir pada allah sampai matahari terbit, setelah itu dia melakukan shalat 2 raka’at, hingga dia serupa mendapatkan pahala haji dan juga umroh. ” dia juga bersabda, “pahala yang sempurna, sempurna dan juga sempurna. ” [hr. tirmidzi]

sholat 2 rakaat ini di istilahkan bagaikan sholat isroq yang waktunya berposisi di dini waktu sholat dhuha.

(sumber: aritunsa. com)

No comments:

Post a Comment